Fakta Berita, Aktual dan Faktual

Saturday, 05 November 2016 02:41 Written by  Published in Jurnalistik Read 18093 times

Pengertian faktual adalah suatu kejadian yang bersifat nyata, benar-benar terjadi tetapi tidak terikat dengan waktu. Dengan kata lain, suatu kejadian yang faktual bisa terjadi di masa lalu ataupun masa sekarang.

Sementara pengertian aktual adalah suatu kejadian yang benar-benar terjadi dan sedang hangat-hangatnya menjadi pembicaraan khayalak. Aktual bersifat kekinian atau paling baru.

Lalu apa yang dimaksud dengan berita bersifat aktual dan faktual? Faktual dan aktual adalah sifat pasti dalam sebuah pemberitaan. Bukan berita namanya kalau tidak berdasarkan pada kenyataan.

Sebuah berita yang baik haruslah bersifat aktual, yang baru. Mengapa? Karena tidak ada orang yang tertarik dengan sesuatu yang bersifat usang dan lama.

Sehingga ada istilahnya berita basi untuk menyebutkan sebuah informasi tentang sebuah kejadian yang sudah lama terjadinya.

Namun, bukan tidak mungkin dalam penyajian berita aktual disisipkan informasi faktual, sesuatu yang terjadi di masa lampau.

Biasanya informasi faktual semacam ini penting sifatnya karena memiliki hubungan dengan peristiwa yang terjadi sekarang. Sehingga antara keduanya harus dikaitkan dan menjadi bahan berita yang menarik.

Faktual menjadi semacam unsur pendukung kejadian aktual. Namun tentu saja dibandingkan dengan yang aktual, peristiwa faktual tidak akan pernah dijadikan headline atau berita utama.

Alasannya, jika sesuatu yang sudah lama terjadi diberitakan akan ditinggalkan pembaca atau pemirsanya.

Contoh faktual adalah berita-berita yang ada di koran, buku biografi yang ditulis berdasarkan wawancara langsung dengan tokoh yang dituliskan, acara wisata alam, kuliner, dan budaya.

Jika di televisi, sebuah film yang diangkat dari kisah nyata seseorang adalah faktual. Sementara contoh aktual adalah berita terbaru di koran, radio, televisi atau internet, info terbaru tentang artis, dan lain-lain.

Sesuatu yang faktual dan aktual memang menarik perhatian. Karena sesuatu yang nyata akan lebih dipercaya, mengundang rasa penasaran ketimbang sesuatu yang bersifat tidak jelas dan palsu atau bohong.

Sedangkan sesuatu yang kekinian seakan telah menjadi kebutuhan manusia dewasa ini. Kesimpulan dari pengertian faktual dan aktual adalah;

a. Sesuatu yang faktual belum tentu aktual (baru)
b. Sesuatu yang aktual sudah pasti faktual (nyata)

Candra P. Pusponegoro

Bengkel Manusia, Bukan Sembarang Bekam...! Town House Anggrek Sari Blok G/2 Kel. Taman Baloi Kec. Batam Kota, Kota Batam, Provinsi Kepri, Indonesia, 29463 | Tel. (+62) 778-4801831 & (+62) 812-6850-3533 & WhatsApp Only (+62) 813-2871-2147 | Email: info[at]terapioksidan[dot]com | Didukung CV. Rezeki Lumintu Abadi NPWP 74.941.304.3-225.000 Norek BRI 151-60-10000-24305 a/n CV. Rezeki Lumintu Abadi & Yayasan An Nubuwwah Batam www.an-nubuwwah.or.id SK Kemenkumham RI Nomor AHU-0032582.AH.01.04.Tahun 2016 NPWP 80.269.773.0-215.000