Syarat Permohonan Paspor Baru

Thursday, 07 August 2014 00:00 Written by  Published in Motivasi Read 1912 times

Persyaratan Permohonan Paspor Baru:

Persyaratan yang harus dilakukan dan dilengkapi para pemohon paspor baru adalah mengisi formulir permohonan secara lengkap dengan huruf cetak dan melampirkan asli dan selembar fotokopi;

a. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
b. Kartu Keluarga (KK)
c. Akta Kelahiran atau Ijazah atau Akta Perkawinan atau Surat Nikah atau Surat Baptis
d. Izin instansi bagi PNS, ABRI/Polri
e. Bagi anak yang belum berusia 17 tahun melampirkan Akta Perkawinan atau Surat Nikah Orangtua, Surat Pernyataan (Izin) dari orangtua (ditandatangani di atas materai Rp6.000,00), paspor orangtua (apabila ada)

Seluruh dokumen tersebut harus difotokopi dan dibawa saat mengajukan permohonan. Dokumen asli akan dicocokkan oleh petugas saat Anda melakukan foto dan wawancara di Kantor Imigrasi setempat.

Silakan datang ke loket pendaftaran Kantor Imigrasi pagi-pagi. Tiba di lokasi Anda harus mengisi formulir tentang data diri. Selain itu Anda harus mengisi surat pernyataan bermaterai bahwa data dokumen yang diberikan benar adanya. 

Setelah formulir diisi Anda kembali ke loket pendaftaran. Selanjutnya Anda akan menerima nomor antrean. Jika sudah dipanggil, seluruh dokumen yang Anda bawa akan dipindai (scan) oleh petugas.

Untuk biaya sesuai dengan permohonan paspor Anda. Silakan dibayar dan sediakan uang pecahan agar Anda tidak kesulitan saat membayar nanti. Jika sudah diterima, Anda harus menunggu pemberian kwitansi bukti pembayaran.

Setelah itu Anda diminta masuk ke ruangan berbeda untuk melakukan foto dan Masa wawancara. Saat foto tidak boleh mengenakan kacamata. Saat bersamaan dilakukan juga pengambilan sidik jari dan iris mata.

Pertanyaan wawancara bersifat umum dan khusus. Anda akan ditanya tujuan membuat paspor untuk apa? Lalu akan ditanya nama Anda, nama orangtua, alamat tempat tinggal, dan verifikasi data-data Anda.

Masa Berlaku Paspor:

a. Masa berlaku paspor biasa paling lama lima tahun sejak tanggal diterbitkan
b. Masa berlaku paspor biasa yang diterbitkan bagi anak berkewarganegaraan ganda tidak boleh melebihi batas usia anak tersebut untuk menyatakan memilih kewarganegaraannnya
c. Batas usia anak sebagaimana dimaksud pada poin kedua ditentukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan
   
Biaya Pembuatan Paspor:

a. Paspor biasa 48 halaman Rp300.000,00
b. Paspor biasa elektronis (e-passport) 48 halaman Rp600.000,00

Candra P. Pusponegoro

Bengkel Manusia, Bukan Sembarang Bekam...! Pengobatan Khusus Diabetes, Ginjal, Jantung, Skizofrenia, Penyakit Medis Lainnya & Non Medis | Alamat: Town House Anggrek Sari Blok G/2 Kel. Taman Baloi Kec. Batam Kota, Kota Batam, Provinsi Kepri, Indonesia, 29463 | Tel. (+62) 778-4801831 & (+62) 812-6850-3533 & WhatsApp Only (+62) 813-2871-2147 | Email: info[at]terapioksidan[dot]com | Didukung CV. Rezeki Lumintu Abadi & Yayasan An Nubuwwah Batam | Norek BRI 151-60-10000-24305 a/n CV. Rezeki Lumintu Abadi