Perlengkapan Ibadah Umrah

Friday, 07 October 2016 00:09 Written by  Published in Religi Read 369 times

Seorang muslim yang mendapatkan kesempatan ibadah umrah harus senantiasa bersyukur. Kesempatan mulia ini harus dimanfaatkan dan dinikmati dengan sebaik-baiknya.

Harapannya dapat meraih pahala dan keutamaan-keutamaan selama beribadah umrah di tanah haram. Ibadah umrah merupakan aktivitas jiwa dan raga yang cukup melelahkan. Sebab kegiatan ini membutuhkan tenaga fisik ekstra. Seperti aktivitas miqat, thawaf, sa’i, dan rukun lain-lainnya.

Apabila jemaah umrah bukan berasal dari Arab Saudi, tentu saja membutuhkan tenaga dan kekuatan badan yang maksimal. Selama berada di tanah suci, jemaah umrah harus berjalan kaki saat akan berangkat ke masjid.

Perjalanan dari hotel ke lokasi Masjid Nabawi di Madinah dan Masjidil Haram di Mekkah membutuhkan tenaga. Meski jarak antara hotel dengan masjid dekat, namun tetap saja membutuhkan energi.

Kondisi musim atau cuaca akan berpengaruh terhadap kesehatan setiap orang. Ada banyak faktor penting yang harus dipersiapkan agar setibanya di tanah suci agar tidak sakit (kelelahan).

Untuk itu, menyiapkan kesehatan sebelum berangkat umrah adalah sebuah keharusan. Selain itu, makanan, minuman, cara berpakaian, dan adat istiadat bebeda dari negara asalnya.

Perlu diketahui bersama, kondisi iklim di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia. Di sana adalah daerah gurun dan panasnya sangat terik. Terlebih apabila musim panas, biasanya terjadi pada bulan April-Agustus.
  
Saat musim panas tiba, suhu udara siang hari lebih dari antara 39 sampai 42 derajat Celcius. Mengantisipasi hal ini, diharapkan calon jemaah banyak mengonsumsi air putih atau air zam-zam selama di tanah suci.

Agar kesehatan selama di tanah air tetap stabil, ini bisa dilakukan sebulan sebelum berangkat umrah. Caranya dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat (sayuran dan buah).

Sesuai dengan anjuran Rasulullah, untuk menjaga kondisi kesehatan, calon jemaah bisa meminum madu, minyak habatus sauda, atau multivitamin.

Jika tidak, sebulan sebelum pemberangkatan, calon jemaah bisa melakukan kegiatan fitness pada sore harinya, jalan atau lari setiap pagi hari, dan mengatur pola tidurnya.

Apabila sering begadang (aktivitas malam) dianjurkan untuk segera diubah. Alasannya, dengan tingginya aktivitas pada malam hari dapat membuat tenaga dan pikiran lelah.

Akibatnya pada pagi harinya tubuh menjadi lemas dan semangat menjadi berkurang. Untuk itu, sebaiknya menghindari tidur larut malam dan dianjurkan tidur lebih awal.

Jika harus begadang, usahakan tidur selama satu atau dua jam terlebih dulu. Kemudian dilanjutkan dengan aktivitas malam harinya.

Harapannya, selama berada di tanah suci, tubuh akan senantiasa sehat dan fit. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum Anda berangkat umrah.

Jika Anda seorang laki-laki, persiapannya harus membawa baju sehari-hari secukupnya, seperti kain ihram satu atau dua stel, ikat pinggang kain umrah tanpa jahitan, keperluan mandi, kain sarung, jaket, sandal, sepatu, dan keperluan penting lainnya.

Sedangkan perlengkapan untuk wanita tidak jauh berbeda dengan kaum pria. Namun demikian, tidak ada salahnya dipersiapkan seperti mukena minimal dua buah, rok putih untuk ihram dua buah, baju sehari-hari secukupnya, kaos kaki secukupnya, jaket, sandal, sepatu, dan beberapa keperluan lainnya.

Tidak ada salahnya, jika Anda memiliki riwayat penyakit, sebaiknya membawa obat yang diberikan oleh dokter atau perawat. Siapkan obat untuk cadangan selama perjalanan hingga kepulangan umrah agar ibadah tetap aman dan nyaman.

Siapkan juga krim pelembab kulit (sunblock) dan pelembap bibir (lipgloss) untuk mengantisipasi cuaca ekstrem di Madinah atau Mekkah. Tidak lupa juga silakan membawa masker, kacamata hitam, dan keperluan lain yang mendukung ibadah umrah.

Candra P. Pusponegoro

Bengkel Manusia, Bukan Sembarang Bekam...! Town House Anggrek Sari Blok G/2 Kel. Taman Baloi Kec. Batam Kota, Kota Batam, Provinsi Kepri, Indonesia, 29463 | Tel. (+62) 778-4801831 & (+62) 812-6850-3533 & WhatsApp Only (+62) 813-2871-2147 | Email: info[at]terapioksidan[dot]com | Didukung CV. Rezeki Lumintu Abadi NPWP 74.941.304.3-225.000 Norek BRI 151-60-10000-24305 a/n CV. Rezeki Lumintu Abadi & Yayasan An Nubuwwah Batam www.an-nubuwwah.or.id SK Kemenkumham RI Nomor AHU-0032582.AH.01.04.Tahun 2016 NPWP 80.269.773.0-215.000

More in this category: « Tata Cara Umrah Rasulullah