Kepuasan Batin Tak Terukur Sesuatu

Friday, 22 August 2014 00:00 Written by  Published in Wisata Read 16447 times
Penulis Bersama Krisyanto Djani (vokalis Jamrud) di De Patros Cafe beberapa waktu lalu. Penulis Bersama Krisyanto Djani (vokalis Jamrud) di De Patros Cafe beberapa waktu lalu.

Singgah di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau sangat menyenangkan. Di sekitar pulau dikelilingi lautan luas dan di dalamnya ada dam (bendungan) Duriangkang.

Orang dari luar Batam menyebut Batam sebagai “surga” Indonesia setelah Bali. Baik eksotis pemandangan dan harga produk elektronik yang sangat murah.

Urusan makanan, di Batam banyak berdiri cafe-cafe yang lokasinya eksotis. Apabila Anda tiba di Batam, salah satu cafe yang memiliki pemandangan laut adalah di kawasan terpadu Harbour Bay.

Lokasinya berada di daerah Jodoh Batu Ampar Batam atau berdekatan dengan pelabuhan internasional Harbour Bay.

Di kawasan terpadu ini ada mal, hotel, apartemen, apotek, tempat hiburan, restoran sea food, dan cafe. Artis, musikus, praktisi hukum, pengusaha, pejabat, hingga lintas status sosial pasti pernah berkunjung di Harbour Bay.

Bahkan jika ingin ke Pulau Karimun bisa naik kapal dari pelabuhan Harbour Bay sekitar satu jam. Termasuk jika Anda ingin melawat ke Singapura dari Harbour Bay, cukup ditempuh selama 25 menit dari atas laut.

Banyak kapal-kapal tujuan Singapura dari Harbour Bay. Begitu juga sebaliknya dari Singapura tujuan Batam. Di lokasi ini transportasi darat tersedia taksi dan ojek.

Kawasan ini merupakan lokasi elit. Sejak tiga tahun terakhir mulai 2012-2014 sudah sering digelar ASEAN Jazz Festival tingkat internasional.

Pengunjungnya dari tanah air dan mancanegara. Mulai artis, musisi kondang, pejabat, hingga masyarakat umum tidak pernah absen menikmati pagelaran jazz yang meriah.

Ketika Anda berada di ekslusif ini untuk menikmati gelaran jazz banyak yang harus disiapkan. Pertama stamina dan kedua uang saku.

Penulis saat bersama personel Radja Ian Kasella dan MoldiansyahStamina harus disiapkan karena luas lokasinya sangat lebar. Jika harus jalan-jalan dari lokasi satu ke lokasi lainnya harus tahan angin laut yang cukup panas.

Uang saku? Anda harus menyiapkan dengan penuh perhitungan. Masalah harga makanan dan minuman relatif. Ada yang bilang sangat mahal, sedang, atau murah.

Semua tergantung siapa yang membayar makanan dan minuman Anda ketika akan menikmati masakan di lokasi ini.

Dari pengalaman saya sejak tahun 2007 lalu, jika Anda ingin makan dan minum di tepai pantai dengan pemandangan yang eksotis, Anda bisa memilih cafe-cafe yang berada di tepi laut.

Ada De Patros Cafe, Wey-Wey, Seafood Restarurant, atau cafe yang lainnya. Umumnya cafe ini dikunjungi masyarakat pada malam hari.

Mengapa malam hari? Setiap malam kapal-kapal berlabuh di dekat cafe. Lalu lalang speedboat, kapal barang, kapal tanker, dan kapal penumpang aktif di perairan Harbour Bay.

Anda bisa menikmati sajian makanan dan minuman sesuai dengan selera disuguhi live music. Mengenai pembayaran, tergantung kepada siapa yang membayari Anda.

Sedikit gambaran harga makanan dan minuman September 2014 salah satu cafe di sini. Harga Avocado Juice Rp27.500,00, Mango Juice Rp27.500,00, Oxtaill Soup (Sop Ayam) Rp78.000,00, French Fries Rp26.000,00, Aqua botol Rp16.500,00, Hot Tea Gelas Rp24.800,00, Hot Coffee Milk Rp19.800,00, dan Orange Juice Rp38.500,00.

Bill Order di Cafe De Patros Harbour Bay

Waktu saya menonton gelaran 7th ASEAN Jazz Festival 2014 pada Sabtu (6/9/2014) malam, saya makan dan minum di De Patros Cafe. Beberapa menu kesukaan saya pesan.

Tidak berselang lama datanglah menu masakan yang super lezat. Saya datang di lokasi sekitar pukul 19.15 WIB dan meninggalkan cafe pukul 1.30 WIB.

Menonton acara festival jazz memang gratis, tetapi kalau menikmati minuman dan masakan di cafe tentu urusan privacy setiap orang.

Jika suatu saat Anda berkunjung ke sini, tentu saja Anda harus sudah menyiapkan dan mengestimasi uang saku yang akan dibelanjakan. Pembayaran di cafe bisa menggunakan kartu debit dan kredit. 

Dari pengalaman saya, Anda tidak usah khawatir. Makanan dan minuman di sini dijamin halal, enak, dan lezat. Menurut saya, tentang harga kembali kepada masing-masing orang. Anda boleh bilang mahal atau murah.

Yang pasti, kepuasan batin tidak bisa diukur dengan sesuatu. Urusan batin tidak bisa terukur oleh benda dan ruang.

Selamat berwisata di Harbour Bay Batam. Satu lagi, jika Anda menikmati jalan-jalan di Batam, seluruh akses internet menggunkan WiFi secara gratis.

Lokasi WiFi tersedia di tempat-tempat publik. Jangan lupa Anda cicipi Mie Lendir, Teh Obeng, Otak-otak, dan masakan khas lainnya.

Demikian halnya jika seorang muslim ingin melakukan salat dan berdoa, di lokasi tersedia musala untuk mereka yang beragama Islam.

Candra P. Pusponegoro

Bengkel Manusia, Bukan Sembarang Bekam...! Town House Anggrek Sari Blok G/2 Kel. Taman Baloi Kec. Batam Kota, Kota Batam, Provinsi Kepri, Indonesia, 29463 | Tel. (+62) 778-4801831 & (+62) 812-6850-3533 & WhatsApp Only (+62) 813-2871-2147 | Email: info[at]terapioksidan[dot]com | Didukung CV. Rezeki Lumintu Abadi NPWP 74.941.304.3-225.000 Norek BRI 151-60-10000-24305 a/n CV. Rezeki Lumintu Abadi & Yayasan An Nubuwwah Batam www.an-nubuwwah.or.id SK Kemenkumham RI Nomor AHU-0032582.AH.01.04.Tahun 2016 NPWP 80.269.773.0-215.000